Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 10

Diabetendurance – Muncul pada Maret 2021, Redmi Note 10 5G seharusnya menjiwai industri smartphone berkat teknologi yang dibawanya, khususnya jaringan 5G.

Ponsel Xiaomi ini lahir dengan dimensi bodi 161.8mm x 75.3mm dengan ketebalan mencapai 8.9mm. Dengan bobot 190 gram, Redmi ini berbahan plastik untuk bagian belakang dan samping, sedangkan bagian depan menggunakan Gorilla Glass 3.

Tersedia dalam berbagai warna antara lain Chrome Silver, Graphite Grey, Nighttime Blue, dan Aurora Green, Redmi Note 10 5G siap dijual mulai dari Rp 2,5 juta hingga Rp 3,6 juta. Lantas fitur apa saja yang didapatkan dari Redmi Note 10 5G dengan harga segitu? Anda dapat memeriksa spesifikasi ponsel di bawah ini:

Jika Anda cermat setelah membaca spesifikasi di atas, Anda akan menemukan kelebihan Redmi Note 10 5G dalam beberapa hal. Yang terlihat jelas adalah sumber tenaga baterai.

Sebenarnya bukan itu saja, ada kelebihan lain dari perangkat ini. Jadi, mari kita urai manfaatnya melalui pembahasan di bawah ini:

1. Layar dengan kontras yang baik

Dengan memakai desain tampilan Punch Hole di bagian tengah atas layar, Redmi Note 10 5G hadir dengan teknologi tampilan yang bagus untuk kelasnya.

Ukuran layar ponsel ini adalah 6,5 inci, telah dilapisi dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 3, mampu menahan goresan layar hingga 35% dan tiga kali lebih tahan dari generasi sebelumnya.

Dengan resolusi 1080 x 2400 piksel dengan rasio 20:9, ponsel ini memiliki rasio screen-to-body 83,7%, sehingga bezel lebih kecil.

Dengan begitu, pengguna bisa lebih asyik menjelajah saat bermain game karena layarnya yang cukup luas dan lebar. Kerapatan layar 405 ppi juga sangat mengesankan, sehingga kualitas gambar lebih tajam.

Belum lagi layar ponsel ini didukung oleh panel yang dilengkapi dengan teknologi IPS LCD yang akan memberikan sudut pandang yang baik dan mengkonsumsi energi lebih efisien.

Kemudian untuk menggulir animasi di layar perangkat Redmi ini dengan lancar, ia memberikan kecepatan refresh dinamis 90Hz dan dapat secara otomatis beralih ke 30Hz, 50Hz atau 60Hz tergantung kontennya.

Pengguna juga tidak perlu khawatir jika layar perangkat ini terkena pantulan sinar matahari, karena layar Redmi Note 10 5G telah ditawarkan dengan tingkat kecerahan hingga 400 nits. Dengan begitu, pengguna akan selalu melihat dengan jelas dan tidak silau saat membuka perangkat ke luar.

2. Berdasarkan sistem MIUI 12

Kebaruan dan sekaligus keuntungan yang dapat dinikmati oleh pengguna ponsel ini adalah sistem operasi dan antarmukanya.

Redmi Note 10 5G berjalan pada Android 11, yang didasarkan pada MIUI 12, dan menawarkan fitur-fitur terbaru, seperti mode gelap, yang menawarkan aplikasi keamanan untuk melindungi dari malware dan dua kolom drop-down (kiri untuk notifikasi dan kanan untuk Control Center ).

Redmi Note 10 5G hadir bersama dengan MediaTek MT6833 Dimensity 700 5G yang memiliki build 7 nanometer. Chip tersebut diusung oleh prosesor yang cukup baik yang terdiri dari octa-core yang terdiri dari dua core Cortex-A76 dengan clock 2,2 GHz dan enam Cortex-A55 dengan clock hingga 2,0 GHz, siap untuk mendukung aktivitas multitasking. .

Dengan memberikan tampilan visual yang mumpuni dan maksimal, perangkat ini bekerja sama dengan GPU bernama Mali-G57 MC2.

Selain itu, untuk mendukung aktivitas penyimpanannya, sudah mendukung teknologi UFS 2.2 yang mampu bekerja dengan gesit untuk kapasitas RAM 4 GB dan 6 GB, sedangkan memori internalnya 64 GB dan 128 GB, pengguna juga bisa memasang microSDXC.

3. Hadiah Kamera Luar Biasa Awesome

Meski hanya memiliki tiga sensor di kamera belakang dan satu sensor untuk kamera depan, layaknya ponsel kelas menengah untuk pengaturan kamera, Redmi Note 10 5G tidak perlu diragukan lagi.

Kamera perangkat ini juga dilengkapi dengan dual LED flash dual-color, HDR dan fungsi panorama untuk mendukung aktivitas fotografi.

Pertama-tama, ada kamera makro dengan resolusi Hynix Hi-259 2MP dengan lebar piksel 1,75 m, sedangkan aperture f / 2.4.

Kehadiran sensor makro sangat berguna untuk membidik objek kecil. Hasil bidikan makro ponsel ini mampu menghasilkan gambar detail yang indah, dengan sedikit warna yang hidup dan kontras yang memadai.

Selain itu, perangkat Redmi ini hadir dengan kamera monokrom 2 MP yang berfungsi sebagai depth sensor. Sensor ini dilengkapi dengan aperture f/2.4.

Bidikan yang dihasilkan oleh sensor ini cukup baik dengan warna yang presisi dan cerah. Selain itu, aperture dapat bekerja dengan baik sehingga gambar yang dihasilkan tampak memiliki efek bokeh.

Sensor kamera belakang terbaru dan utama Redmi Note 10 5G adalah 48 MP dengan aperture f/1.8 dengan piksel 0,8┬Ám, dilengkapi dengan filter Quad-Bayer dan PDAF.

Selain itu, sensor ini juga memiliki mode Malam. Anehnya, pengguna bisa memperkecil resolusi menjadi 12 MP untuk menghasilkan foto yang natural.

Sedangkan untuk kamera depan, sudah terintegrasi sensor 8M dengan aperture f/2.0. Dengan pengaturan kamera depan ini, pengguna dapat memperoleh gambar dengan presentasi warna yang menarik, kontras yang cukup, dan ketajaman yang presisi.

Menurut pengujian kami, kamera depan Redmi Note 10 5G hampir mendekati kualitas smartphone kelas flagship.

Dalam mode malam, gambar yang dihasilkan terlihat lebih cerah dan lebih baik di layar ponsel. Namun, jika pengguna ingin mengambil foto yang lebih cerah dengan saturasi warna yang lebih baik dan tidak ingin kehilangan detail, mereka harus menggunakan mode AI (kecerdasan buatan).

Mode ini mampu menghasilkan ketajaman yang sama tetapi dengan eksposur dan warna yang lebih tinggi. Melacak sesi videografi yang mendukung resolusi 1080p dengan kecepatan bingkai hingga 30 fps.

Kecepatan video itu sendiri adalah 20 Mbps, sedangkan audio direkam dalam stereo dengan kecepatan bit tinggi 256 Kbps. Modul video yang ditawarkan ponsel ini cukup untuk memenuhi kebutuhan konferensi video atau live di jejaring sosial.

4. Masa pakai baterai yang lama

Ponsel Xiaomi ini bekerja dengan baterai Li-Po dengan daya 5000 mAh yang dilengkapi dengan dukungan pengisian cepat hingga 18 W. Dengan sistem baterai ini, perangkat ini memiliki durasi umur yang cukup lama. Hal ini dibuktikan dengan indeks resistance yang mampu menembus hingga 121 jam.

Dalam pengujian, baterai Redmi mampu berjalan hingga 32 jam 51 menit untuk melakukan panggilan, 18 jam 47 menit untuk berselancar di Internet, dan 16,03 menit untuk memutar video.

Kemudian untuk mendapatkan pengisian penuh, perangkat ini hanya membutuhkan sekitar dua jam dan daya 33% untuk pengisian daya selama 30 menit dengan baterai kosong.

5. Fitur konektivitas yang komprehensif

Aspek lain yang mengesankan dari Redmi Note 10 5G adalah konektivitasnya. Pada aspek ini hadir dengan banyak fitur, seperti WLAN yang terdiri dari Wi-Fi 802.11 a / b / g / n / ac, dual band, Wi-Fi Direct dan access point, sehingga pengguna tidak perlu khawatir ketika mencari koneksi internet di tempat umum. atau bila Anda ingin mengaktifkan mode berbagi koneksi.

Dilanjutkan dengan teknologi Bluetooth 5.1 edition yang tergabung dalam IoT (Internet of Things). Versi Bluetooth ini menawarkan kecepatan transfer yang lebih cepat hingga 2 Mbps.

Pengguna dapat dengan mudah mengirimkan data berkapasitas besar dengan presisi. Selain itu, Bluetooth di ponsel ini dapat menjangkau transmisi yang lebih luas hingga 240 meter.

Bagi pengguna yang sering melakukan transaksi digital, kini semakin dipermudah dengan hadirnya fungsi NFC (Near Field Communication) di Redmi Note 10 5G. Kegunaan lain dari teknologi ini adalah mampu mengirim data, mengakses informasi di smart card, menentukan atau menandai lokasi, dan masih banyak lagi.

Ponsel USB Type-C 2.0 ini juga dilengkapi dengan fungsi radio FM, jadi bagi pengguna yang suka mendengarkan pembicaraan stasiun atau mendengarkan berita di radio, tidak perlu khawatir tentang hal ini.

Fungsi port inframerah dapat digunakan sebagai pengganti remote control AC atau TV. Sedangkan sistem navigasinya diusung oleh A-GPS, GLONASS, GALILEO dan BDS.

Refensi : Berita Teknologi Terbaru

Kiriman serupa